Belajar Jaringan : Kenalan Yuk Sama 7 Osi Layer !!

2 comments

Kenalan Yuk Sama 7 Osi Layer !!




Assalamualaikum wr.wb

Bismillahirohmanirohim... 

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas materi osi layer setelah sebelumnya saya membahas materi tentang basic networking sekarang saya akan naik ke tahap ke 2 yaitu mengenal dan memahami 7 Osi Layer..Kenapa Kita harus tau atau kenal sama si Osi layer.? pasti kebanyakan orang bertanya begitu. ok akan saya uraikan sedikit selama ini kita hanya tahu soal cara menggunakan internet atau komputer, kalian pasti pernah mendownload file, main sosmed ,dll tapi kita tidak tahu proses didalamnya seperti apa itu alasan singkat kenapa kita harus kenal sama si Osi Layer..ok langsung saja saya akan membahas materinya tanpa basa basi lagi..lets goo


A. Apa Sih Osi Layer itu .?


    Osi Layer adalah sebuah model arsitektural jaringan yang dikembangkan oleh badan International Organization For Standardization ( ISO ) di Eropa pada tahun 1977. Osi sendiri merupakan singkatan dari  Open System Interconnection. Model Ini disebut juga dengan " Model Tujuh Lapis OSI " atau OSI seven layer model.

     Model Open System Interconnection ( Osi ) diciptakan oleh International Organization for Standardization ( ISO) yang menyediakan kerangka logika terstruktur bagaimana proses komunikasi data berinteraksi melalui jaringan. 

  Standard ini dikembangkan untuk industri komputer agar komputer dapat saling berkomunikasi pada jaringan yang berbeda secara efisien.

B. Latar Belakang Osi Layer

     Sebelum munculnya model referensi OSI, sistem jaringan komputer sangat tergantung kepada pemasok atau vendor. OSI berupaya membentuk standar umum jaringan komputer untuk menunjang interoperatibilitas antar pemasok yang berbeda, dalam suatu jaringan yang besar biasanya terdapat banyak protocol jaringan yang berbeda. Tidak adanya suatu protokol yang sama, membuat banyak perangkat tidak bisa saling berkomunikasi.

      Masalah utama dalam komunikasi antar komputer dari vendor yang berbeda adalah karena mereka menggunakan protocol dan format data yang berbeda-beda. Untuk mengatasi ini, International Organization for Standardization ( ISO ) membuat suatu arsitektur komunikasi yang dikenal sebagai Open System Interconnection ( OSI ) model yang mendefinisikan standar untuk menghubungkan komputer-komputer dari vendor-vendor yang berbeda

C. Fungsi Masing-Masing Layer


     7. Application Layer
  • Berfungsi sebagai antarmuka aplikasi dengan fungsionalitas jaringan, mengatur bagaimana aplikasi dapat mengakses jaringan, dan kemudian membuat pesan-pesan kesalahan atau perintah.
     6. Presentation Layer
  • Berfungsi untuk mereprentasikan,mengenkripsi, dan mengkompres data yang hendak ditransmisikan oleh aplikasi ke dalam format yang dapat di transmisikan melalui jaringan.
     5. Session Layer
  • Berfungsi untuk mendefinisikan bagaimana koneksi dapat dibuat,dipelihara,atau dihancurkan,selain itu, juga dilakukan resolusi nama ( perintah apa, sumber darimana, tujuan untuk apa ).
     4. Transport Layer
  • Berfungsi untuk memecah data serta memberikan nomor urut ke paket-paket data tersebut, sehingga dapat disusun kembali pada sisi tujuan setelah diterima, Selain itu dibuat tanda bahwa paket diterima dengan sukses.
     3. Network Layer
  • Berfungsi untuk medefinisikan alamat-alamat IP, membuat header untuk paket-paket dan kemudian melakukan routing melalui internetworking dengan menggunakan router.
     2. Data Link Layer
  • Berfungsi untuk menentukan bagaimana bit-bit data dikelompokan menjadi format yang disebut frame, dan mengkoreksi kesalahan, flow control, pengalamatan perangkat seperti MAC Address, Spesifikasi IEEE 802, membagi menjadi lapisan Logical Link Control ( LLC ) dan lapisan Media Access Control ( MAC).
     1. Physical Layer
  • Berfungsi untuk medefinisikan media transmisi jaringan, metode pensinyalan, sinkronisasi bit, arsiktektur jaringan, topologi jaringan, dan juga pengkabelan, selain itu juga mendefinisikan bagaimana Network Interface Card ( NIC ) dapat berintraksi dengan media kabel atau sinyal

D. Cara Kerja Osi Layer


     Pembentukan paket dimulai dari layer teratas model OSI. Application layer mengirimkan data ke presentation layer, di presentation layer data ditambahkan header kemudian dikirim ke layer bawahnya, pada layer dibawahnya pun demikian, data ditambahkan header kemudian dikirimkan ke layer dibawahnya lagi, terus demikian sampai ke physical layer data dikirimkan melalui media transmisi ke host tujuan.

   Di host tujuan paket data mengalir dengan arah sebaliknya, dari layer paling bawah ke layer paling atas. protokol physical layer di host tujuan mengambil paket data dari media transmisi kemudian mengirimkannya ke data link layer, data link layer memeriksa data link layer header yang ditambahkan host pengirim pada paket, jika host bukan dituju oleh paket tersebut maka paket akan dikirimkan ke network layer, tetapi jika host adalah yang dituju oleh paket tersebut maka paket akan dikirimkan ke network layer, proses ini terus berlanjut sampai ke application layer di host tujuan, proses pengiriman paket dari layer ke layer disebut ' peer-layer communication'


lalu apa tujuan dibuatnya 7 Osi Layer ini .?

jawabannya : untuk membantu desainer jaringan memahami fungsi dari tiap-tiap layer yang berhubungkan dengan aliran komunikasi data. termasuk jenis-jenis protokol jaringan dan metode transmisi.


Gimana sudah kenal belum sama 7 OSI Layer ? untuk materi Osi layer mungkin sampai disini dulu,materi malam ini saya tutup dengan ucapan Alhamdulliah..Selamat Belajar, See you next post.


Walaikumsalam wr.wb

2 comments: