Kenalan Yuk Sama Firewall .? ( Chapter 1 )

Leave a Comment

Kenalan Yuk Sama Firewall .?


Assalamualaikum wr.wb

Apa kabar semua .? alhamdulilah pada hari ini kita masih diberikan umur yang panjang dan masih diberikan kesehatan, hingga saya bisa membuat materi mikrotik lagi. untuk kali ini saya akan membahas tentang firewall, sebelum kita konfigurasi materi-materi yang ada di Bab firewall ini ada baiknya kita tahu apa itu firewal .? bagaimana cara kerjanya .? dan buat apa sih firewall itu ok langsung saja kita mulai ya..


A. Pengertian Firewall
     
    Firewall adalah fitur dalam mikrotik yang berfungsi untuk memeriksa dan menentukan paket data yang dapat keluar atau masuk dari sebuah jaringan. Dengan kemampuan tersebut maka firewall berperan dalam melindungi jaringan dari serangan yang berasal dari jaringan luar (outside network).

     Firewall digunakan untuk membatasi akses antara dua jaringan yang saling terhubung, yaitu antara jaringan internal dengan jaringan global (internet). Firewall diletakkan diantara kedua jaringan internal dan global, sehingga semua informasi yang keluar maupun masuk harus melewati firewall.

Beberapa kriteria yang dilakukan firewall apakah memperbolehkan paket data lewati atau tidak, antara lain Alamat IP dari komputer sumber:

  • Alamat IP dari komputer tujuan.
  • Port TCP/UDP sumber dari sumber.
  • Port TCP/UDP tujuan data pada komputer tujuan.
  • Informasi dari header yang disimpan dalam paket data.
B. Tujuan Firewall

     Tujuan utama firewall adalah menjaga agar akses internel maupun eksternal dari orang yang tidak berwenang atau tidak mempunyai akses. Firewall meruapakan suatu cara yang efektif untuk melindungi jaringan dari ancamana gangguan lewat internet. Membatasi dan menjaga kerusakan pada satu bagian jaringan agar tidak menyebar ke bagian yang lain pada jaringan.

C. Manfaat Firewall

     Berikut Ini beberapa manfaat dari firewall dalam suatu jaringan :
  • Dapat mencegah suatu paket yang dirasa mencurigkan oleh sistem.
  • Seluruh akses dalam jaringan dapat kita kontrol melalui firewall.
  • Dapat mengawasi semua service berjalan dalam jaringan.
  • Dapat mencatat dan merekam semua kegiatan berjalan melewatinya.
  • Dapat mengatur port atau paket data yang diperbolehkan atau ditolak.
D. Cara Kerja Firewall

     Cara Kerja Firewall dari komputer adalah menutup port kecuali untuk beberapa port tertentu yang perlu tetap terbuka. Firewall di komputer bertindak sebagai garis pertahanan terdepan dalam mencegah semua jenis hacking ke dalam jaringan, karena, setiap hacker yang mencoba untuk menembus ke dalam jaringan komputer akan mencari port yang terbuka yang dapat diaksesnya.


Gimana sudah tau belom apa itu firewall .? manfaatnya .? dan cara kerjanya .?, Pesan saya jangan malas baca dan saya hanya berbagi, semoga bermanfaat. Selamat Belajar 

Wassalamualaikum wr.wb

0 komentar:

Post a Comment