Konfigurasi Filter Rules ( Content )

Leave a Comment

Konfigurasi Filter Rules ( Content )


Assalamualaikum wr.wb


Halo bro, masih bersama saya admin dari blog ini ini postingan ke 4 tentang firewall dan ada baiknya kalian tahu dulu firewall itu apa pada postingan sebelumnya klik Disini. pada postingan kali ini saya akan membahas filter rule berdasarkan content apa sih content itu .? apa ya wkwk, ok langsung saja kita bahas.



A. Pengertian 


    Filter Rules adalah menentukan apakah suatu paket data dapat masuk atau tidak ke dalam sistem mikrotik. atau dalam arti lain firewall juga bisa mem-block situs yang tidak diinginkan atau dalam kata lain saat salah satu client ingin membuka situs melalu router, maka firewall akan membentengi router dari situs-situs yang tidak diinginkan oleh servernya.


B. Alat dan Bahan

  • Mikrotik yang saya gunakan adalah RB-941 2nd
  • Koneksi Internet
  • Kabel UTP
  • Laptop ( Sebagai Client )

C. Tahap Konfigurasi

     Kali ini kita akan belajar bagaimana cara memblokir konten besar yang biasanya sulit di block menggunakan IP seperti : porn,facebook dan lain-lain :

1. Pertama koneksikan router  ke laptop kalian dan pastikan sudah bisa mengakses internet :



2. Setelah itu masuk ke router dan cari menu IP > Firewall > Filter Rules > (+)




3. Kemudian pada tab General, isi Chain=forward, lalu Tab ke Advanced dan isi di Content=youtube.com, lalu di Action isi dengan Action=drop, lalu apply dan ok :




4. Ulangi langkah 1-3, bedanya pada content isi konten yang ingin kita block lagi misalkan saya facebook.com :




5. Terakhir cek dibrowser dan buka konten tadi, apakah masih bisa dibuka atau tidak.? keblok kan ya :v gimana mudah bukan, jadi nanti jika ada client yang ingin mengakses konten tersebut selama client itu terhubung ke router maka firewall akan memblock konten yang tidak diizinkan tadi.









Gimana sudah paham belom.? kritik dan saran untuk blog ini sangat saya butuhkan untuk membangun blog ini, postingan ini saya tutup dengan ucapan alhamdulilah..semoga bermanfaat dan selamat belajar.

Wassalamualaikum wr.wb

0 komentar:

Post a Comment