Belajar Mikrotik Menggunakan Virtualbox : Instalasi Dan Setting Adapter

Belajar Mikrotik Menggunakan Virtualbox




Assalamualikum wr.wb

Dengan segala rahmat Allah Swt hingga saat ini saya masih diberi kesehatan setelah beberapa hari kemaren saya sakit dan sekarang Alhamdulilah saya sudah sembuh ehhhhh jadi curhat gini ya :v, Ok untuk materi hari ini saya akan membahas belajar mikrotik menggunakan virtualbox, kenapa dengan virtualbox .? karena saya belum mampu membeli Routerboard Mikrotik maklum anak rantau harus berbagi dengan biaya kehidupan sehari-hari ok langsung saja kita mulai. Ok bro langsung mulai saja ya.. let's goooooo


A. Pengertian
  • Virtualbox adalah software gratis milik oracle fungsi utamanya untuk mem-visualisasikan dan menguji sistem operasi baik windows maupun linux. Dan biasanya software ini di gunakan untuk media belajar instalasi ataupun konfigurasi secara virtual.
  • Mikrotik OS adalah sebuah sistem operasi yang digunakan untuk mengubah PC biasa menjadi PC router.
B. Alat dan bahan
  •   1. Software virtualbox
  •   2. Mikrotik os
  •   3. Iso windows xp ( client )
  •   4. Koneksi internet 
C. Tahap Pelaksanaan Kegiatan
  • Tahap Ke - 1 : Membuat Virtualbox Machine Di Virtualbox

  1. Pertama, tentukan nama OS dan Version yang kita inginkan. Bisa linux maupun yang lainnya, tapi disini saya memilih untuk Other dua-duanya.



 2. Untuk langkah selanjutnya next terus sampai virtual machine terbuat seperti gambar dibawah :


    
3. Setelah sudah selesai , selanjutnya kita setting Networknya. Karena saya ingin memakai    2 ethernet, maka disini saya di eth1 menggunakan bridge adapter. Kenapa tidak NAT ?     karena kita ingin membuat IP sendiri sesuai kemauan kita di Virtual Box nantinya.

  • Setting Adapter Pertama ( Si Mikrotik ) :

  • Setting Adapter kedua untuk ke client :

  • Setting Adapter Pada windows xp :





Perbedaan Adapter Pada Virtualbox :

  • 1. No Attached berarti komputer guest pada virtual telah memiliki kartu jaringan, hanya saja tidak ada koneksi yang terjadi pada kartu jaringan ini. Jadi, seolah-olah hanya kartu jaringan saja yang terpasang, tanpa adanya kabel yang dicolokan.

  • 2. NAT Adapter jenis ini digunakan apabila kita ingin mengkoneksikan langsung komputer guest ke internet. Pada kondisi ini, IP pada komputer gest tidak perlu lagi diset, dengan kata lain sudah menggunakan IP DHCP.

  • 3. Internal Network Jenis adapter ini hanya bisa menghubungkan sesama komputer guest dan tidak bisa terhubung dengan komputer Host serta jaringan real.

  • 4. Host Only Adapter Jenis adapter ini bisa digunakan untuk menghubungkan komputer guest dengan komputer Host. Pada komputer Host kita atur terlebih dahulu IP address pada interfaces Host-only adapternya.

  • 5. Bridge Adapter digunakan jika kita ingin komputer guest bisa terkoneksi dengan jaringan sungguhan bukan virtual.

4. Sekarang di Storage kita setting untuk menambahkan ISO dengan memilih Gambar “CD” di paling kanan atas. Setelah itu, pilih dimana tempat kita menaruh ISO dari Mikrotik tersebut. Jika sudah maka akan seperti daerah yang berwarna biru.


 5. Setelah Itu Pilih start untuk memulai instalasi :


  • Tahap Ke-2 Instalasi Mikrotik
6. Pada tampilan pertama , tekan tombol huruf “A”  di keyboard untuk memilih semua aplikasi yang kita ingin gunakan.


7. Lalu tekan huruf “i” untuk memulai konfigurasi. Akan muncul tampilan seperti ini.


8. Setelah itu akan muncul intruksi Do you want to keep old configuration ? > pilih ‘n’ dan tekan ‘y’ pada peringatan warning : all data on the disk will be erased :


9. Sebelum reboot pastikan hilangkan checklist pada mikrotik-5.7.iso. Klik pada menu device hilangkan centang pada icon disk pada virtualbox. Setelah itu enter untuk reboot.


10. Jika benar, setelah reboot akan muncul login RouterOS Mikrotik. Login menggunakan user admin, password [dikosongkan] > enter :


11. Dan akan muncul tampilan awal mikrotik sebagai berikut :
   



Ok untuk part pertama sampai disini dulu ya nanti dipostingan selanjutnya saya akan post bagaimana konfigurasi mikrotik di virtualbox menggunakan winbox atau sejenisnya..ok postingan kali ini saya tutup dengan mengucap Alhamdulliah.. Semoga Bermanfaat, Amiin Ya Allah


Wassalamualaikum wr.wb

3 Komentar

  1. Ijin nyimak ya..
    Mksih gan...

    Jngan lupa mampir juga : www.waridweb.com

    BalasHapus
  2. Ijin nyimak ya..
    Mksih gan...

    Jngan lupa mampir juga : www.waridweb.com

    BalasHapus