Wireless : Mikrotik AP Bridge (Point To Multi Point)

 Konfigurasi Wireless Mikrotik Sebagai AP Bridge (Point To Multi Point)


Assalamualaikum wr.wb

Selamat Malam Semua, Alhamdullilah pada malam ini saya bisa berbagi kembali dalam sebuah postingan sederhana ini, pada materi malam ini saya akan membahas materi tentang Wireless di mikrotik, kebetulan saya sudah membuat modul ke 4 dari materi MTCNA ini tapi sayangnya baru bisa saya share sekarang dikarena kan beberapa halangan ok langsung saja kita mulai ya,,let's gooo 


A. Pengertian

    AP- Bridge adalah salah satu mode interface pada wireless mikrotik yang digunakan sebagai Access Point atau pemancar yang bisa melayani banyak client atau disebut juga dengan PTMP (Point To Multi Point).

B. Alat Dan Bahan
  • 1. Routerboard 941- 2nD (Hap Lite)
  • 2. Koneksi Internet Dari Modem
  • 3. Laptop / Komputer 
  • 4. Kabel LAN
  • 5. Niat
C. Topologi 

D. Tahap Konfigurasi

     1. Langkah pertama kita masuk ke winbox terlebih dahulu lalu sorot mikrotik kita dan klik connect.


2. Setelah Itu Klik menu Wireless. Biasanya interfaces WLAN kamu dalam posisi disable, kalo kita liat di winbox berwarna abu-abu. jadi sebelumnya kita enable dulu caranya :
Klik Interfaces Wlan kamu > klik tanda ceklis diatas > untuk mengaktifkan interfaces wireless kamu


3. Untuk Setting Password pada Wlan kita, cara  masuk ke tab security profiles terus klik add (+) maka akan keluar tampilan New Security Profile, lalu isi Passwordnya setelah selesai kita klik apply dan ok.


4. Selanjutnya kita konfigurasi interface wireless kita, double klik pada Wlan1, Jika sudah jangan lupa klik apply dan ok maka Access Point atau AP-Bridge sudah terkonfigurasi.


Keterangan :
  • Mode                : ap bridge
  • Band                 : 2GHz-B/G/N
  • SSID                 : Nama Wifi kamu
  • Security Profile : Pilih profile Password yang tadi kita bikin di tab security profiles
5. Setelah itu kita buat IP Address untuk Wlan1 caranya :
Klik Tab IP > Address > add (+) > masukan IP Addressnya > Select Interface Wlan1 > Klik Apply > OK

6. Agar Wifi kita mendapatkan koneksi internet maka selanjutnya kita Setting Dhcp-Client Untuk Ether1 karena dia yang terhubung langsung dengan internet caranya :
Klik tab IP > DHCP Client > Select interface ether1 (yang terhubung ke internet) > Klik Apply > jika status sudah bound maka ether1 sudah mendapatkan IP Otomatis dari ISP > Klik OK


7. Setelah itu kita setting DHCP-Server agar client dari si Wlan1 mendapatkan IP secara otomatis caranya :
Klik tab IP > DHCP Server > Klik Dhcp-setup > select interface wlan1

Klik next terus sampai muncul succesfully

8. Terakhir kita setting firewall Nat agar client bisa mendapatkan koneksi dari mikrotik caranya :
Klik tab IP > Firewall > Masuk Ke Tab NAT > Add (+)
 Pada kolom chain isi dengan : srcnat dan untuk out-interface pilih : ether1 (Interfaces yang terhubung ke internet) pada tab action pilih : masquerade.


9. Tahap Pengecekan Pertama test ping di Terminal Mikrotik untuk memastikan bahwa router telah mempunyai akses internet.



10. Tahap pengecekan kedua buka laptop kalian, aktifkan wifi pada laptop kamu lalu connect ke wifi yang telat kita buat tadi dan coba masuk ke  sebuah situs apakah sudah bisa.





Yee sudah selesai. Untuk Materi ap bridge mungkin cukup sampai disini semoga bermanfaat dan semoga saya bisa berbagi materi-materi mikrotik lainnya komentar kalian sangat saya butuhkan untuk membangun blog ini. Lab kali ini saya tutup dengan ucapan. Alhamdulilah 

Wassalamualaikum wr.wb

0 Komentar