Introduction to CDP (Cisco Discovery Protocol)

Introduction to CDP (Cisco Discovery Protocol)


Bismillahirohmanirohim

Selamat sore semuanya, sore ini insya Allah saya akan membahas materi-materi dasar CCNA. dan sebenernya justru materi-materi dasar seperti ini sering keluar di exam CCNA. insya Allah bermanfaat untuk kita semua. oke langsung aja bahas.

CDP (Cisco Discovery Protocol)

CDP atau kepanjangan dari cisco discovery protocol salah satu protocol cisco proprietary (hanya ada dicisco) dan masuk kedalam track CCNA dalam bab Network Management.

Sesuai dengan namanya discovery jadi protocol ini digunakan untuk menemukan informasi tentang perangkat-perangkat tetangga yang terhubung dengan perangkat switch atau router cisco kita. karena kalau dilapangannya topologi itu biasanya terdiri dari banyak switch dan router, jadi akan sangat sulit jika kita tidak memiliki informasi tentang perangkat itu terhubung kemana saja dan dengan perangkat apa.

Nah, CDP ini akan memudahkan kita untuk mengetahui informasi dari perangkat tetangga yang terhubung dengan perangkat kita. secara default CDP sudah aktif pada perangkat cisco, baik secara global config ataupun dalam interface mode dan CDP ini berjalan pada layer 2 (Data Link).

Untuk mencoba lab CDP kalian bisa menggunakan packet tracer atau real devices langsung namun, jika menggunakan packet tracer saat kita ngelab CDP agak kurang lengkap dibandingkan dengan real devices. 

CDP juga memiliki versi, untuk saat ini CDP Version 2 adalah versi yang terbaru dan biasanya pada cisco IOS 12.0(3)T atau yang lebih baru dia sudah menjalankan CDPv2. untuk CDPv1 sudah aktif pada cisco ios release 10.3 sampai 12.0(3) T. baik mungkin itu saja untuk dasarnya akan saya perlihatkan fungsi cdp pada lab dibawah ini

Topology


Untuk lab ini saya menggunakan GNS3, untuk temen-temen bisa menggunakan packet tracer pun tidak masalah.

Konfigurasikan IP Address pada ketiga router tersebut

Jika sudah disetting IP Address, coba gunakan perintah "show cdp neighbor" tanpa tanda petik pada R1. untuk melihat semua perangkat yang terhubung langsung dengan R1.




Dari hasil verifikasi diatas kita bisa melihat bahwa R1 terhubung dengan R2 dan kita juga bisa melihat platform (router 2691) dan interface dikedua sisi. dan sekarang lakukan pada semua Router baik itu R2 ataupun R3.



Sekarang kita sudah bisa melihat seluruh informasi tentang perangkat yang terhubung dengan perangkat kita. dan bisa membuat network map dengan mudah.

Sebenernya CDP bisa memperlihatkan lebih detail tentang perangkat yang yang terhubung dengan kita.


Jika kita menggunakan perintah show cdp neighbors detail kita bisa melihat lebih detail lagi misalnya tentang IP Address versio IDS dan lain-lain. tapi jika dalam lapangan tentu akan sangat ber-resiko karena bisa melihat detial dan secara default cdp sudah aktif secara global dan per-interface. jadi dibawah ini saya akan membahas cara menonaktifkan cdp pada global dan interface.

A. Cara menonaktifkan CDP Pada interface

Untuk menonaktifkan cdp kita hanya perlu masuk ke inteface nya dan ketikan comamnd dibawah ini

R1(config)#int s0/0
R1(config-if)#no cdp enable
R1(config-if)#exit

B. Cara menonaktifkan CDP Pada Global

Untuk menonaktifkan cdp secara global kita hanya perlu masuk ke mode global configuration nya dan ketikan comamnd dibawah ini


R1(config)#no cdp run

jika ingin mengaktifkan cdp kembali maka temen-temen bisa mengetikan command dibawah ini 

Per-interface
R1(config)#int s0/0
R1(config-if)#cdp enable
R1(config-if)#exit

Secara Global

R1(config)#cdp run

Oke mantab, kira-kira untuk materi CDP sampai disini saja. dan kesimpulannya CDP hanya bisa berjalan pada perangkat cisco, untuk protocol open standard temen-temen nanti bisa pelajari materi LLDP, insya Allah akan saya bahas dipostingan lainnya. saya pamit undur diri, apabila ada yang masih bingung bisa tulis dikolom komentar. saya akhiri dengan ucapan Alhamdulillah.

0 Komentar

Terbaru